Pengembangan Pengolahan Produk Teknologi Industri Pertanian

Pengembangan Pengolahan Produk Teknologi Industri Pertanian

Pengembangan Pengolahan Produk Teknologi Industri Pertanian

Teknologi Industri Pertanian merupakan jurusan yang memiliki peran penting dalam pengembangan pengolahan produk makanan sehingga makanan yang dihasilkan lebih bermutu dan memiliki nilai jual yang tinggi. Beberapa makanan dibawah ini merupakan beberapa produk pertanian yang dapat diolah menjadi berbagai makanan maupun minuman.

  • Kopi Rendah Kafein

Kopi merupakan salah satu jenis bahan minuman yang memiliki kandungan kafein yang tinggi. Kafein apabila di konsumsi dapat menyebabkan peningkatan denyut jantung dan juga beberapa gangguan metabolisme. Saat ini telah ditemukan pengembangan teknologi pangan oleh Teknologi Industri Pertanian yang bisa menghasilkan biji kopi yang rendah kafein. Proses yang dikembangkan yaitu dengan melakukan dekafeinisasi dimana proses tersebut bisa menurunkan kadar kafein hingga 98% pada jenis kopi tertentu. Misalnya saja pada kopi jenis robusta. Para pakar yang berkecimpung di dunia agro industri telah menurunkan kadar kafein dari kopi sehingga kopi tersebut hanya memiliki 1% kandungan kafein.

  • Minyak Atsiri sebagai bahan bakar minyak

Minyak ini terbuat dair beberapa bahan-bahan nabati. Minyak ini memiliki bentuk yang cair serta tidak keruh dan dapat larut dalam BBM. Minyak atsiri bisa digunakan sebagai bahan bakar minyak karena dapat menyemmpurnakan proses pembakaran baik dari BBM berupa bensin maupun solar. Minyak atsiri dapat meningkatkan tenaga mesin menjadi lebih besar. Karena terbuat dari bahan-bahan nabati, minyak ini tegolong pada bio aditif yang dapat menurunkan emosi gas yang terbuang sehingga ramah lingkungan.

  • Kopi Luwak Probiotik

Perkembangan pengolahan bahan pangan dari industri pertanian ini terbilang cukup unik. Yaitu kopi luwak yang difermentasikan dengan mikroba probiotik secara khusus di usus halus dan usus buntu luwak. Sebagian besar kopi luwak dihasilkan dari proses pencernaan bianatang luwak. Namun mengingat populasinya kini kian terancam, sehingga dibuatlah kopi luwak yang dibuat dengan teknologi khusus yang mengadopsi sistem pencernaan dari binatang luwak.

Banyak sekali penemuan-penemuan yang dihasilkan Teknologi Industri Pertanian. Dengan mengedepankan meningkatkan inovasi dalam hal pertanian, guna untuk menambah daya jual serta pemanfaatan sumber daya alam. Sehingga inovasi-inovasi yang dihasilkanpun akan lebih ramah lingkungan.

Baca Juga : Teknologi Hybrid Yang Ramah Akan Lingkungan

Share